Trik Melakukan Sendiri Marketing Usaha
Tak paham dengan apa yang harus dilakukan saat memasarkan produk Anda? Jika Anda adalah seorang pemilik usaha kecil yang belum banyak memahami marketing atau pemasaran atau mengalami kebuntuan dengan strategi marketing Anda saat ini, tak ada salahnya mencoba menggunakan jasa agensi marketing.
Akan tetapi jika anggaran Anda belum memadai untuk itu, jangan cemas! Karena Anda pun bisa melakukannya sendiri dengan hasil yang kurang lebih sama.
Trik 1 : Lakukan promosi kecil
Anda harus bersikap cermat saat berpromosi karena terdapat perbedaan tipis antara mempromosikan dengan efektif dan terlalu agresif dalam mempromosikan diri. Terlalu berpusat pada diri sendiri dengan melebih-lebihkan kualitas yang dimiliki membawa dampak kurang baik terhadap upaya marketing Anda.
Berikut ialah sejumlah saran mengenai cara mempromosikan bisnis dengan efektif: memberikan testimoni pelanggan kepada klien potensial lain, dorong pelanggan dan klien untuk merekomendasikan layanan Anda kepada orang lain (menawarkan insentif, seperti diskon atau hadiah langsung, bagi para perekomendasi yang berhasil meningkatkan penjualan Anda) dan mempertahankan portofolio terbaru.
Trik 2: Buat kartu nama yang berkualitas
Jika Anda memulai bisnis, Anda memerlukan kartu nama bisnis yang akan membantu Anda lebih mudah diingat dibanding pesaing. Gunakan ide yang kreatif untuk mendesain kartu nama Anda. Satu ide yang mungkin bisa diterapkan ialah memasukkan kode QR dalam kartu nama sehingga klien potensial Anda akan lebih mudah membuka lamam situs web Anda atau video yang lebih lanjut menjelaskan layanan Anda di Internet. Jika usaha Anda sudah berjalan, pertimbangkan mencetak kartu nama yang baru yang lebih segar dan menarik perhatian. Pastikan agar detil kontak Anda yang penting sudah dicetak di dalamnya. Pastikan juga memasukkan kontak jejaring sosial Anda seperti Twitter, Facebook atau YouTube.
Trik 3: Bergabung dalam organisasi profesi
Salah stau cara terbaik untuk menjalin hubungan dengan klien potensial dan kalangan yang lain ialah dengan bergabung dalam organisasi yang berkaitan erat dengan industri yang kita tekuni. Organisasi itu bisa saja memiliki wujud fisik atau virtual seperti forum di web. Ide intinya ialah dengan bergabung dalam percakapan dan pertukaran gagasan dalam berbagai organisasi ini dan memberikan masukan positif mengenai topik-topik menarik dalam ceruk pasar Anda. Jika dilakukan dengan baik dan kontinu, Anda akan menyaksikan makin tingginya reputasi Anda dalam bidang industri tersebut. Dan tak mustahil Anda akan dipandang sebagai industry leader suatu saat nanti. Tak ketinggalan pula, peluang terbaik ini perlu dimanfaatkan sebagai ide-ide inovatif baru.
Trik 4: Buat blog bisnis
Dengan tanpa atau sedikit biaya, Anda bisa membuat blog di situs bisnis Anda. Inilah salah stau strategi marketing paling hemat biaya yang bisa Anda terapkan. Sebuah blog bisnis yang termutakhirkan secara berkala merupakan tempat yang tepat untuk menuangkan pandangan menarik dan berguna pada khalayak ramai termasuk klien dan pelanggan atau calon pembeli. Namun jangan sampai hanya berhenti di situ saja. Sebuah blog bisnis harus digunakan sebagai pengeras suara saat berpromosi. Namun, jangan sampai melakukannya dengan berlebihan karena akan membuat orang menjadi segan berkunjung kembali ke blog bisnis Anda. Pastikan Anda menyeimbangkan kualitas konten yang diterbitkan dengan konten promosi milik Anda.
Trik 5: Tunjukkan kepedulian sosial
Memberikan kembali apa yang sudah Anda dapatkan dari masyarakat dalam bentuk sumbangsih sosial merupakan cara yang tepat sekaligus mulia untuk memasarkan produk dan layanan bisnis baru Anda. Tak hanya Anda akan lebih bertanggung jawab secara sosial pada masyarakat dan lingkungan sekitar Anda, ini juga akan memberika peluang baru untuk menjalin hubungan dengan kenalan baru, meniingkatkan kesadaran publik akan keberadaan usaha Anda dan memperluas pengalaman secara umum dalam mengembangkan ketrampilan baru.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar